Kamis, 01 September 2016

12 Prinsip Kepemimpinan

12 PRINSIP KEPEMIMPINAN


Siapa Itu Pemimpin?.

Orang yang memimpin, baik laki-laki maupun perempuan.


Mengapa perlu pemimpin?

Pertambahan Penduduk dunia, sesuai dengan FT, sehingga diperlukan Pemimpin.

Siapa yang memilih Pemimpin?

Pemimpin dipilih dan dipanggil oleh Tuhan.


Kepemimpinan  itu apa?

Adalah suatu ilmu yang memiliki disiplin dan pertimbangan yang tepat untuk mempengaruhi orang-orang (group), guna  mencapai tujuan yang sangat dibutuhkan oleh kelopmpok tersebut.

Apa saja yang harus dimiliki seorang pemimpin?

Ada 12 Prinsip dalam Kepemimpinan.

1.      V I S I

VISI  = gambaran yang jelas yang dilihat oleh pemimpin dalam jangka panjang. Suatu ”mimpi” yang harus dituangkan dalam komitmen untuk dilakukan, itu disebut ”misi”,   guna mencapai visinya. Visi itu sendiri adalah wahyu dari Tuhan,  sebagai dasar dari kepemimpinan. Kelompok yang dipimpin harus tahu, tentang visi itu.

Contoh: Menjadi jemaat yang  berdoa dan missioner
              ”Saya bermimpi, suatu saat aku melihat anak-anak kulit putih bermain bersama
                anak-anak kulit hitam dalam suasana yang damai” (Marthin Luther King).

2.      SASARAN YANG DITUJU/ Tujuan yang jelas (GOALSETING)

Goalseting memiliki ciri-ciri: Kekhususan, langkah-langkah, dapat dicapai, kenyataan, bukti yang nyata . Termasuk waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Bisa dibuat tahapan tiap bulan, kuartal, semester, atau tahunan.

Contoh Goalseting dalam keluarga anda apa?
a. Spiritual, ? membaca Alkitab sampai selesai dala 2 tahun setiap anggota keluarga?
b. Kesehatan? Setiap hari oleh raga , lari-lari keliling lapangan selama 30 menit sebelum berangkat kerja.
c. Pendidikan: anak pertama? Kedua, dst.

3. KASIH (Love)
Kasih adalah bagian kekuatan dari seorang Pemimpin. Kristus telah menerapkan Kasih Agape (tanpa pamrih) itu untuk memimpin umat manusia. Expresi/ hasil dari kasih (Gal 5:22-23).

4. KERENDAHAN HATI (Humility)
Kasih dan kerendahan hati, keduanya dimiliki oleh Pemimpin yang benar dihadapan Tuhan. Pemimpin yang takut kepada Tuhan dan mengikuti Firman-Nya itulah yang berkenan kepada-Nya.

5. PENGUASAAN  DIRI (Self-control)
Penguasaan diri adalah jalan hidup yang dipimpin oleh kekuatan Roh Kudus. Pemimpin yang tidak dapat menguasi dirinya, akan menghancurkan banyak orang dan dirinya sendiri.

6. KOMUNIKASI (Communication)
a. menguasi secara baik komunikasi yang efektif
b. memiliki perkiraan wawasan  para  hadirin
c. menyeleksi kebenaran tujuan komunikasi
d. menghancurkan rintangan yang mengasykkan
e. menghubungkan pengalaman pengetahuan para hadirin
f. pernyataan yang tegas
g. mendorong motivasi terhadap apa yang diinginkan
                                                                                        
7. INVESMENT (Investasi)
Apa yang ditabur, itu yang dituai. Jika anda menabur angin, akan menuai badai.
Dalam dunia ada 2 macam orang yang ”memberi” dan ”menerima”. Orang yang memberi selalu bertambah berlipat ganda. Orang yang menerima, hanya berorientasi kepada hasil (tidak melihat perjuangan orang yang memberi) sehingga terus berkekurangan.  Orang yang memberi lebih bahagia ( Kis 20:35 b). Semua yang diberikan oleh Tuhan adalah baik, asal tidak dipakai untuk kejahatan. Prinsip yang dipakai oleh Tuhan Yesus (Luk 6:38). Jadi, seorang pemimpin adalah orang yang terutama memberi.

8. KESEMPATAN  (Opportunity)
Hidup adalah penuh dengan rintangan, jika kamu dapat mendisiplin dirimu, maka segala rintangan itu sebagai kunci terbesar untuk meraih  kesempatan diberbagai tempat, dan berbagai situasi..

9. SEMANGAT/kekuatan/tenaga (Energy)
Energy selalu menarik perhatian, menarik para  pengikut.  Kekuatan fisik, intelektual, emosional seorang pemimpin ditunjukkan melalui komitmen, kesetiaan, yang dikerjakan dalam mencapai tujuannya.

10. DAYA  TAHAN (Staying Power)
Seorang pemimpin harus memiliki daya tahan, tidak mudah melarikan diri dari kesulitan dan masalah yang dihadapi. 1). Sebagai orang Kristen merupakan jaminan bahwa masalah yang dihadapi tentu ada jalan keluarnya. 2). Semua masalah yang anda hadapi, sudah tertulis dalam Alkitab. 3). Jika ada masalah yang tidak dapat dipecahkan dalam dirimu, artinya kamu tidak rohani. 4). Jika kamu terbuka terhadap suara Tuhan/Firman Tuhan, secara otomatis masalahmu dapat diselesaian.

11. WIBAWA (Authority)
Wibawa yang dimiliki oleh pribadi seseorang adalah Kharisma, harga diri, karena orang itu menghormati orang lain. Wibawa merupakan karakter dari seorang pemimpin. Jika ia memiliki wibawa diluar dirinya, maka itu karena jabatannya. Jadi wibawa internal dan external diperlukan oleh seorang pemimpin. Wibawa mana yang lebih bertahan?. Apakah anda dihargai oleh jemaat, karena anda Pendeta? Tetapi dihargai juga oleh keluarga, karena anda seorang ayah dan seorang Ibu?. Kalau anda tidak ada wibawa/tidak dihargai dalam keluarga, jangan memimpin orang lain.

12. KESADARAN  (Awareness).
Seorang pemimpin memiliki kesadaran bahwa ia sedang memimpin. Ia harus sadar bahwa tindakannya dan keputusannya adalah tepat dan benar adanya. Ia sadar dan mengerti betul tentang 12 Prinsip kepemimpinan yang harus dimilikinya. Dengan penuh kesadaran ia menerapkan prinsip itu. Tuhan memberkati.


                                                                        Malang, 01-09-2016

                                                                        Oleh: Lunu Missa

Tidak ada komentar:

Gambaran Yesus Kristus Adalah Seorang Ayah Yang Baik

     Sebagian orang menggambarkan Tuhan sebagai yang duduk dengan nyaman di takhta-Nya yang jauh, mengatur, cuek, dan sangat tidak tertarik ...